Bandung Terima Hibah dari Manila Water untuk Kurangi Kebocoran Pipa PDAM | PT. Solid Gold Berjangka

PT. Solid Gold Berjangka

PT. Solid Gold Berjangka – Emil, begitu dia akrab disapa mengatakan, kebocoran pipa PDAM di Kota Bandung masih tinggi. Dari seratus persen air yang disalurkan, hampir 50 persennya bocor.

Pulang dari Filipina, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bawa pulang banyak kerjasama strategis. Salah satunya yakni hibah dari perusahaan air minum asal Filipina, Manila Water, untuk mengatasi kebocoran pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Diharapkan akhir tahun ini alat tersebut sudah bisa dipasang di Kota Bandung. Menurut Emil, perwakilan dari Manila Water akan datang langsung ke Bandung.

“Saya kasih lokasi di Gumuruh untuk ngetes. Saya kasih tempat untuk eksperimen, bener enggak bisa mengurangi kebocoran,” ucap Emil.

Lebih lanjut Emil menjelaskan, hibah yang diberikan yakni berupa bantuan teknologi untuk mengatasi kebocoran air pada pipa PDAM. Alat tersebut dapat mendeteksi lokasi bocornya pipa saluran air PDAM.

“Jadi performa PDAM non revenue water (NRW) kita masih jelek. Kita hampir bocor hampir 50 persen,” kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (15/8/2016).

“Nanti dengan teknologi itu tingkat kebocoran bisa di bawah 10 persen,” kata Emil.

Hibah Teknologi dari Manila Water Boisa Tekan Tingkat Kebocoran PDAM

“Tingkat kebocoran pipa PDAM di Kota Bandung ini masih tinggi. Performa PDAM non revenue water (NRW) kita masih jelek. Dari seratus persen air yang disalurkan, hampir 50 persennya bocor,” ujar wali kota yang akrab disapa Emil di Balai Kota Bandung, Senin (15/8/2016).

Hibah teknologi dari perusahaan air minum asal Filipina, Manila Water diyakini bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebocoran pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wening Kota Bandung. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (15/8/2016).

Teknologi yang dikembangakan Manila Water, lanjutnya, sudah diterapkan di negara-negara lain. Seperti Vietnam dan Myanmar sehingga membuktikan jika teknologi tersebut bagus.

“Manila water itu keren. Jadi nanti mereka akan memasang alat canggih untuk memastikan kebocoran dimana. Dan ini bisa jadi solusi mengatasi kebocoran,” terangnya.

Dalam hibah teknologi ini, pihak dari Manila Water akan datang langsung ke Kota Bandung untuk melakukan uji coba. Rencananya, pemasangan alat deteksi kebocoran pipa PDAM pun akan dimulai di daerah Gumuruh.
“Kita berharap teknologi ini bisa diaplikasikan di Kota Bandung pada akhir tahun. Mudah-mudahan lancar dan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Hibah teknologi dari perusahaan air minum asal Filipina, Manila Water, diberikan dalam bentuk bantuan program, alat serta pemahaman cara dan teknologinya bagi PDAM Tirta Wening Kota Bandung. Alat yang dihibahkan Manila Water, dapat mendeteksi lokasi kebocoran pipa saluran air PDAM.
Melalui teknologi tersebut, kebocoran pipa PDAM pun dapat diantisipasi untuk langsung diperbaiki. Dengan demikian, tingkat kebocoran dapat berkurang hingga di bawah 10 persen.

Solid Gold

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s